Membersamai Pancasila

SMK Al-Huda Salaman

Membersamai Pancasila

Hari ini 1 Juni 2020 , ditetapkan sebagai hari lahir Pancasila.

Sebuah kelahiran bukanlah sesuatu yg tiba tiba, tetapi ada proses sebelumnya dan alasan, bagaimana dan kenapa dstnya.

Pancasila dalam tilikan sejarah dilahirkan melalui proses panjang ,digali dari saripati budaya, pranata sosial, kearifan kehidupan asli bangsa Indonesia.

Berawal dari Penjajahan Jepang saat itu melalui perdana menterinya  Kunioki  Koiso akan memberikan kemerdekaan, maka dibentuklah BPUPKI  ( Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia ) lalu sidang pertama 29 mei sd 1 juni 1945, dg anggota M Hatta, Soepomo, M. Yamin , A Wahid Hasyim dan Ir. Soekarno, yg agendanya salah satunya   membentuk falsafah negara.

Pada Sidang PPKI ( Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia ) tgl 18 Agt 1945 akhirnya ditetapkan bahwa dasar ,falsafah ideologi negara Indonesia  secara final adalah Pancasila, bersamaan ditetapkannya rancangan pembukaan dan batang tubuh UUD 1945

Lalu pertanyaanya bagaimana posisi Pancasila , dlm mengawal perjalanan bangsa dari dulu hingga sekarang dan bagaimana konsistensi generasi bangsa dlm menjaga dan mengamalkan ajaran nilai Pancasila dlm kehidupan berbangsa dan bernegara...??

Iya ibarat kapal yg berlayar ditengah samudra ,saat tertentu akan dihantam badai , namun bukan berarti kapal itu tenggelam karena badai, karena ketika alam cerah bersahabat, matahari terang menyinari bumi dan rembulan indah memeluk semesta, semua akan baik baik saja.

Demikian juga perjalanan bangsa ini,  dg Pancasila, bukan berarti mulus tanpai riak badai tahun 1948 ada DI TII,th 1966 ada gerakan September PKI  setelah refomasi 1998 hingga kini sayup sayup gerakan khilafah ingin mengganti ideologi Pancasila.

Namun denikian dari semua badai itu, hingga kini Pancasila tetap tegak berdiri karena peran seluruh elemen anak bangsa , yg berdiri tegak ,tegas di posisi ,bidang, kapasitas dan peran masing masing, menjaga dan merawat Pancasila.

Rumah besar yang bernama Indonesia, dihuni kluarga yg beragam suku, budaya dan agama.
Kluarga akan  sejahtera, damai bila semua bisa menjalankan tugas dan fungsi masing masing

Dan Pancasila telah cukup memberikan sumber  , nilai ajaran bagaimana mengelola rumah besar Indonesia ini dg spirit berketuhanan, berkemanusiaan,persatuan ,hikmah dan berkeadilan sosial.

Apalagi ditengah pandemi covid 19 dan menurunnya pergerakan ekonomi saat ini.
Ajaran Pancasila harus terealisasikan menjadi realita, menyelamatkan anak bangsa.
Semoga.

Akhirnya selamat hari Pancasila 1 Jjuni 2020
( Ag ).

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top