Ramadan Berkah, di Malam Nuzulul Qur'an

TITIK HITAM
 

Ramadhan bulan Al Quran

Ketika di akhir bulan Sya'ban Rasulullah Saw menyampaikan kabar kepada umat Kaum Muslimin :
" Sudah datang bulan Ramadhan yang menjadi rajanya semua bulan.  Marhaban bihi wa ahlan Selamat datang untuk dirinya. Sudah datang Ramadhan yang penuh barokah. Sehingga mulia sekali bulan yang datang ini." ( H.R. Ath- Thabrani)

      Beruntung sekali kita bisa menjalankan ibadah puasa Ramadhan di tahun 1441 H / 2020 M ini, walaupun disertai Wabah Covid - 19 atau Corona. Kita harus lebih semangat dalam menjalankan ibadah syiam karena ketika kita tabah, sabar dalam menghadapi wabah corona ini Allah Swt akan memberikan kekuatan Iman, apalagi ini di bulan penuh berkah pasti berlimpah ruwah pahala yang kita terima Aamiin.

     Bulan Ramadhan bulan yang mempunyai nama yang sepesial :
1. Syayyidus Syuhur Rajanya semua bulan
2. Syahrus Shiyam Bulan yang diwajibkan puasa 1 bulan
3. Syahrun Mubaarak Bulan yang penuh berkah dan kebagusan
4. Syahrun Shadaqah Bulan yang membuat orang bersemangat sadaqah.
5. Syahrus Shabri Bulan yang mendidik manusia menjadi orang yang sabar
6. Syahrul 'Ibadah Bulan yang membuat semua amal bernilai ibadah
7. Syahrul Quran Bulan turunnya Al Quran dan bulan yang paling banyak orang bertadarus Al Quran.
Diantara nama sepesial diatas yang akan saya bahas Syahrul Quran karena nanti malam bertepatan malam Nuzulul Quran, malam pertama kali diturunkan Al Quran.
      Adapun sebab-sebab kenapa bulan Ramadhan disebut Bulan Al Quran karena ada beberapa hal yang luar biasa diantaranya :
1. Bulan Ramadhan Al Quran diturunkan oleh Allah Swt dari Lauhmahfudl ke Baitul Izzah (Langit dunia) semua komplit 30 Juz.
2. Bulan Ramadhan (tanggal 17 Ramadhan tahun 612 Miladiyyah) Pertama kali Al Quran diturunkan Surat Al 'Alaq ayat 1 - 5 di Gua Hira' dengan perantara Malaikat Jibril As. kepada Rasulullah Muhammad Saw. Al Quran turun dari sedikit - sedikit dan secara bertaham kurang lebih selama 23 tahun.
3. Setiap bulan Ramadhan ketika Nabi Muhammad Saw. masih hidup, Malaikat Jibril As. mengadakan repetisi ( pengulangan ) tadarus Al Quran, Rasulullah Saw membaca Al Quran dan Malaikat Jibril As yang menyimak, mendengarkan dan mengoreksi bacaan Rasulullah Saw.
4. Bulan Ramadhan kaum muslim sangat bersemangat membaca Al Quran, Tadarus Al Quran dilakukan diberbagai tempat mulai dari rumah, masjid, kantor, sekolah hingga Rumah Sakit. Ada juga yang salat Tarawih satu malam bacaannya 1 Juz lebih dan bisa khatam satu bulan.
       Membaca Al Quran adalah amalan yang di cintai Allah Swt dan Rasulullah Saw. Orang yang suka membaca Al Quran akan dipanggil-panggil surga, kelak bacaan Al Quran akan menjadi penolong besok di hari kiamat seperti sabda Rasul Saw yang artinya
"Bacalah Al Quran!! Sebab besok di hari Kiamat Al Quran akan datang menjadi Syafaat bagi orang yang membacanya." ( H.R. Muslim )
     Maka dari itu mari kita bersemangat bertadarus Al Quran semoga berkah membaca Al Quran kita diberi kekuatan dan kemenangan di Hari yang Fithri Aamiin aamiin aamiin

Selamat memperingati Malam Nuzulul Quran
17 Ramadhan 1441 H

Tags

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top