selamat hari kesaktian pancasila, 1 OKTOBER 2020/smk_al huda salaman

SMK Al Huda
0

 Bangsa yang hebat memenglah tidak luput dari sejarah perjuangan yang dahsyat. Hari Kesaktian Pancasila merupakan salah satu dari betapa banyaknya peristiwa heroik masa perjuangan kemerdekaan Indonesia. 

hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober dan tahun ini jatuh pada Kamis (1/10/2020) besok. Hari Kesaktian pancasila berbeda denganHari lahirnya Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni. 

Hari Kesaktian Pancasila adalah hari nasional dan diperingati setelah peristiwa Gerakan 30 September atau lebih dikenal G30S PKI yang menjadi sejarah kelam untuk Tanah Air. G30S PKI sendiri merupakan sebuah tragedi pemberontakan yang bertujuan untuk menggulingkan pemerintah Soekarno dan menggantikan ideologi Pancasila menjadi Komunis.

Tragedi yang terjadi pada 30 September tersebut juga diduga didalangi oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) dan Cakrabirawa, yang merupakan pasukan yang bertugas melindungi Presiden. Dalam tragedi tersebut, Dipa Nusantara Aidit ( DN Aidit), pemimpin sektor PKI diceritakan menghasut masyarakat unutk mendukung keberadaan PKI. Selain itu, dirinya juga memerintahkan aksi penculikan dan pembunuhan perwira tinggi Indonesia. Kudeta yang dilakukan oleh PKI berujung gagal, namun tujuh Perwira tinggi sudah menjadi korban dari peristiwa kelam tersebut.

Kemudian pada 1 Oktober, operasi penumpasan G30S PKI dimulai. Operasi tersebut diawali dengan keberhasilan satuan RPKAD di bawah pimpinan Kolonel Sarwo Edhi Wibowo dalam merebuut Gedung RRI Pusat dan Kantor Pusat Telekomunikasi.

Setelah G30S PKi berakhir dan berhasil ditumpas, maka tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Tanggal tersebut menjadi hari perlabungan dari peristiwa kelam G30S PKI. 




 Kami keluarga besar SMK AL HUDA Salaman Dan 
PonPes Mamba'ul Huda mengucapkan
"Selamat  Hari Kesaktian Pancasila
jadikan Pancasila sebagai prinsip dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara"



Tags

Post a Comment

0Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Post a Comment (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top