SEMINAR KEMITRAAN DAN PENINGKATAN KUALITAS SDM| SMK AL HUDA

SMK Al Huda
0

SEMINAR 

KEMITRAAN DALAM UPAYA PENINGKATAN SDM, SMK AL HUDA

Pendidikan mempunyai peran yang sangat strategis dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia dan peningkatan daya saing, baik pada level nasional, regional, maupun global. Era globalisasi yang menyebabkan batas-batas wilayah negara menjadi makin kabur, membutuhkan SDM yang mempunyai kemampuan daya saing yang kuat dalam ilmu dan teknologi.

 Pendidikan kejuruan inilah yang menjadi salah satu tumpuan pembentukan SDM Indonesia untuk menjawab tantangan ini, guna menyiapkan SDM yang dapat bersaing di pasar internasional. Undang-UndangNomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasionalsecara eksplisit menyatakan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan yang mempersiapkan peserta didik untuk dapat bekerja dalam bidang tertentu. Selanjutnya dalam Peraturan Pemerintah Nomor 29Tahun 1990 disebutkan bahwa pendidikan kejuruan adalah bagian dari pendidikan menengah yang mengutamakan pengembangan kemampuan peserta didik untuk melaksanakan jenis pekerjaan tertentu. Dengan demikian pendidikan kejuruan yang satuan pendidikannya yang dinamakan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), adalah proses pendidikan untuk membekali peserta didik dengan kompetensi-kompetensi sesuai kebutuhan dunia kerja sehingga setelah lulus dapat menjadi tenaga terampil dan berkualitas. Implikasi dari semuanya ini adalah perlunya dikembangkan suatu bentuk pendidikan kejuruan yang memiliki kualifikasi lulusan yang sesuai dengan kebutuhan pasar tenaga kerja

Terdapat dua kemungkinan mengenai hubungan antara peserta didik dengan bidang pekerjaan, yaitu: pertama, kompetensi peserta didik yang dihasilkan dari pendidikan Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, Sabtu 2 Juni 2012 ISSN: 2086-8987 190 kejuruan sesuai dengan persyaratan pekerjaan (match); dan ke dua, kompetensi peserta didik tidak sesuai dengan persyaratan bidang pekerjaan (mismatch). Pendidikan kejuruan yang efektif adalah pendidikan yang dapat menghasilkan kompetensi lulusan (peserta didik) yang sesuai dengan persyaratan bidang pekerjaan tertentu/dunia kerja (Calhoun and Finch, 1982).

SMK AL HUDA Salaman sebagai salah satu lembaga pendidikan di bidang kejuruan tentunya terus berusaha untuk menjadi sebuah lembaga yang mencetak generasi yang unggul dan berdaya saing dalam dunia industry. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya program baru yang tiada lain bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM dari siswa didik yang memiliki jiwa dan semangat tersendiri. Yang nantinya merekalah pemuda – pemuda yang akan membawa harum nama bangsa kita , Negara Indonesia.

Salah satu dari banyaknya program yang dicanangkan yakni, bersama Ketua LPNU Kab. MAGELANG, Dr. Lutfan Makmun. MP dan Ketua Rektor UNES Bidang Kerjasama, Dr. Eka Yuli Astuti. MA. Menggelar seminar  KEMITRAAN DAN PENINGKATAN KUALITAS SDM SMK AL HUDA MENUJU SMK BERDAYA SAING.

Dr. Lutfan Mkmun. MP 

 Belajar tidak seharusnya dilihat sebagai sekedar suatu transmisi abstrak dan dekontektualisasi dari seseorang ke yang lain, tetapi merupakan proses sosial dimana pengetahuan dan keterampilan itu dikonstruksi. Berdasarkan uraian ini maka SMK perlu membangun kemitraan dengan dunia kerja dengan mengembangkan pengelolaan mulai dari pengelolaan input, proses, dan produk yang diharapkan dapat menjaga kelangsungan hidup sekolah.

 Istilah kemitraan (partnership) sendiri digunakan untuk menunjukkan suatu kesepakatan hubungan antara dua pihak atau lebih untuk mencapai tujuan bersama.

Didalam pokok penyampaiannya kegiatan ini bertujuan untuk memberikan binaan dan bekal wawasan luas tentang dunia industry kepada siswa serta para guru. Sesuai dengan program jurusan SMK AL HUDA yakni ; Busana Butik dan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP). Para narasumber memberikan pengetahuan tentang bagaimana proses produksi barang bisa berjalan dengan baik, serta mampu bersaing didunia industry, dimana hal ini sangatlah penting untuk diketahui bagi para calon pengusaha muda mendatang.

 



program unggulan busana butik

 

Post a Comment

0Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Post a Comment (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top